1 Juta Muslim Moskow Gelar Salat Idul Fitri di 5 Masjid Besar

Bookmark and Share

 

Umat muslim di Rusia juga merayakan hari raya Idul Fitri hari ini, Minggu (19/8/2012). 5 Masjid besar di Moskow digunakan untuk melaksanakan salat Id. Saat ini musim panas tengah menyelimuti sebagian besar wilayah Rusia. Suhu udara cukup sejuk mencapai kisaran 17 derajat celcius.

Di masjid Tatarstan Moskow, setiap jamaah yang akan memasuki area masjid harus melalui metal detector. Karenanya, jamaah yang akan masuk harus bersabar mengantri.

Salat di masjid yang hanya mampu menampung 500-an jamaah ini diikuti lebh dari 3500 jamaah. Sehingga jamaah pun meluber hingga memenuhi dua jalan di sebelah masjid. Jalan bahkan sudah ditutup sejak tadi malam dan tidak diperbolehkan parkir di kisaran masjd pada jarak kurang dari satu kilometer.

Petugas yang mengawal salat Id di masjid ini cukup banyak, mulai polisi biasa, penjinak bom, petugas dengan anjing pelacak hingga intel. Pemerintah Rusia ingin proses penyelenggaraan salat berlangsung dengan tertib dan aman.

Salah satu cara untuk mengamankan adalah dengan memasang metal detector. Polisi memeriksa bawaan jamaah untuk meyakinkan tidak ada hal-hal yang mencurigakan.

Selain di masjid Tatarstan, 4 masjid lainnya di Moskow juga digunakan untuk salat Idul Fitri. Lebih dari 1 juta umat muslim yang melakukan salat di kelima masjid di Moskow. Umumnya mereka tidak kebagian salat di masjid tapi mengikutinya di jalan-jalan raya.

Saat ini Dewan Mufti Rusia sedang membangun masjid jami yang memiliki kapasitas lebih dari 700 ribu orang. Diperkirakan masjid di jantung kota tersebut akan selesai dalam dua tahun mendatang.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar