TV Hitam Putih 1936 Yang Masih Berfungsi

Bookmark and Share
Televisi hitam putih satu ini dibuat 73 tahun lalu dan betul-betul jadul dibandingkan perangkat televisi canggih lainnya. Meski dibuat tahun 1936, toh TV ini masih mampu menyangkan berbagai acara.



Melansir pemberitaan Daily Mail, Senin (20/7) disebutkan, TV ini beredar di masa Penobatan Raja George VI tahun 1937 dan perangkat ini diakui sebagai TV tertua di Inggris yang masih bisa berfungsi.


Lebar layarnya hanya 12 inci dan diperkirakan dibuat pada November 1936, bulan yang sama dengan jasa penyiaran perdana TV BBC dari Alexandra Palace. Perangkat TV ini pernah menyiarkan beragam peristiwa bersejarah seperti Prosesi Penobatan Raja George VI, Pertandingan Olimpiade 1948 di London dan Penobatan Ratu Elizabeth II pada 1953. Harganya saat itu 60 Guineas atau setara dengan £11.000 uang Inggris sekarang.


Pemilik TV ini adalah Jeffrey Borinsky. Pria berjanggut yang bekerja sebagai konsultan perekayasaan teknik itu sempat berpose bersama dengan Iain Logie Baird. Iain adalah cucu dari cucunya penemu telly, John Logie Baird. Satu-satu yang dimodifikasi pada TV ini adalah penyetelan dari analog menjadi digital dengan alasan dapat bertahan lama.

Jeffrey Borinsky yang berasal dari North London, ikut kompetisi TV tertua di Inggris karena ia sudah memiliki TV tersebut selama 10 tahun . "Saya masih senang menonton berbagai acara melalui TV Marconiphone 702 saya khususnya acara kartun dari tahun 1930-an yang memberi kesan bagi saya seakan-akan berada di masa itu."

Kompetisi TV tertua di Inggris ini diprakarasai oleh Iain Logie Baird, kurator televisi di National Media Museum di Bradford bersama John Logie Baird. Dikatakannya, "Banyak televisi pascaperang tidak bisa dijumpai lagi. Kalaupun ada sudah tidak bisa berfungsi. Kita tahu sekitar 3.000 set televisi hancur semasa pemboman di Inggris." Rencananya TV ini akan dipamerkan sepanjang masa di National Media Museum.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar